Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 1 No. 8 (2024): SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, Agustus 2024

ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, WAKAF (ZISWAF) BAITULMAAL MUNZALAN INDONESIA CABANG KUBU RAYA

Merta, Merta (Unknown)
Firayanti, Yuni (Unknown)
Rosadi, Rosadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitan ini mengetahui strategi digital marketing dalam meningkatkan penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah, wakaf (ZISWAF) Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Kubu Raya. Pada penelitan ini menggunakan jenis penelitan lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukan bahwa strategi penghimpunan dana menggunakan metode penghimpunan dana secara tidak langsung (indirect fundraising) yang berfokus pada iklan tidak berbayar, iklan berbayar, pembuataan video, flyer, promosi menggunakan Instagram, Tiktok dan WhasApp. Implikasi penghimpunan dana secara digital marketing berpengaruh lebih besar secara signifikan terhadap jumlah transaksi yang dilakukan dalam pengumpulan dana ZISWAF dibandingkan dengan penghimpunan dana secara manual. Kelebihan dari penggunan digital marketing ini adalah hemat biaya dan waktu, kekurangannya adalah sistem yang masih berubah-ubah dan gangguan pada sistem pembayaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SINERGI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering, Economics, Health, Social, ...