Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas terhadap kepuasan masyarakat di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda, variable terikat dari penelitian ini adalah variable ????1( tangiable ), ????2( reability ), ????3 ( responsicenses), ????4 (empathy) dan variabel tidak bebas yaitu Y. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang dilayani di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Humbang Hasundutan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepuasan masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan oleh variabel kualitas pelayanan. Namun secara parsial kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh tangiable (????1) dan responsivenes (????3), sedangkan reability (????2) dan emptahy (????4) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat .
Copyrights © 2024