Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli melalui penerapan metode bermain secara berpasangan pada siswa kelas VI SDN Pakis 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pakis 1 Surabaya yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain secara berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 70,70% dan meningkat menjadi 78,54% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bermain secara berpasangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VI SDN Pakis 1 Surabaya. Metode ini juga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran bola voli.
Copyrights © 2024