Penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam melakukan pernainan engklek dan sos. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 di SDN Pakis 1 yang berjumlah 31 orang. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa 9 siswa berhasil mencapai kategori baik, 11 siswa mencapai kategori cukup, sehingga total siswa yang tuntas sebanyak 20 orang, sementara 11 siswa lainnya belum tuntas dan masuk dalam kategori kurang. Pada siklus II, 10 siswa mencapai kategori sangat baik, 5 siswa berada di kategori baik, dan 9 siswa mencapai kategori cukup, sehingga total 24 siswa dinyatakan tuntas, sedangkan 7 siswa masih belum tuntas dengan kategori kurang. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 66%, dan meningkat menjadi 77% pada siklus II, menunjukkan peningkatan sebesar 11%. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 66%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77%, dengan peningkatan sebesar 11%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa permainan tradisional engkelk dan sos efektif dalam meningkatkan hasil belajar membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Copyrights © 2024