Prestasi belajar mencerminkan keberhasilan siswa dalam pendidikan. Kesulitan belajar menghalangi pencapaian hasil belajar remaja. Asupan gizi yang baik membantu meningkatkan kemampuan memori jangka pendek. National Institute of Mental Health melaporkan di Indonesia 16% remaja mengalami kesulitan menyimpan memori. Permasalahan tersebut mempengaruhi proses kognitif, sehingga status gizi yang seimbang penting untuk mendukung fungsi otak dalam mencapai prestasi belajar. Untuk mengetahui hubungan status gizi dan memori jangka pendek terhadap prestasi belajar pada remaja kelas VIII di SMPN 27 bandar lampung. penelitian kuantitatif dan rancangan crossectional. Sampel yang digunakan berjumlah 72. Data diperoleh melalui pengukuran berat dan tinggi badan, tes digit span, serta dari penilaian rata-rata rapor semester terakhir. Uji statistik menggunakan uji spearman. Hasil analisa korelasi spearman menunjukan terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar (p = 0,007 ; r = 0,313). Terdapat hubungan antara memori jangka pendek dengan prestasi belajar pada remaja (P = 0,000 ; r = 0,970). Terdapat hubungan status gizi dan memori jangka pendek terhadap prestasi belajar pada remaja kelas VIII di SMPN 27 bandar lampung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024