Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 1 (2024): August

Dampak Dukungan Teman Sebaya terhadap Agresivitas Verbal pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Fatmawati, Hilda Aliefta (Unknown)
Maryam, Effy Wardati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Agresi verbal di kalangan siswa sekolah menengah pertama merupakan perilaku negatif yang lazim terjadi dalam interaksi sehari-hari, yang meliputi kegiatan seperti menggoda, mengumpat, dan melecehkan. Penelitian ini menyelidiki dampak dari dukungan sosial teman sebaya terhadap agresi verbal di kalangan siswa di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Dengan menggunakan pendekatan korelasi kuantitatif, data dikumpulkan dari 177 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan skala yang telah diadaptasi untuk mengukur dukungan sosial teman sebaya dan agresi verbal. Temuan menunjukkan korelasi negatif yang signifikan (r = -0,158, p = 0,036) antara dukungan sosial teman sebaya dan agresi verbal di antara para siswa, yang menunjukkan bahwa tingkat dukungan teman sebaya yang lebih tinggi dikaitkan dengan agresi verbal yang lebih rendah. Hal ini menyoroti peran penting dari hubungan teman sebaya dalam mengurangi agresi verbal di kalangan siswa sekolah menengah. Implikasinya menggarisbawahi pentingnya membina jaringan teman sebaya yang mendukung untuk mengatasi agresi verbal secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...