Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara harga diri dan presentasi diri di kalangan pengguna Instagram remaja, mengatasi kesenjangan dalam memahami bagaimana konstruk psikologis ini berinteraksi dalam konteks media sosial. Ditujukan untuk meneliti taktik manajemen kesan, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel 238 siswa dari populasi yang lebih besar, yaitu 750 siswa. Dengan menggunakan accidental non-random sampling dan SPSS untuk analisis, penelitian ini mengkategorikan harga diri dan presentasi diri ke dalam tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Temuan dari Korelasi Pearson Product Moment menunjukkan korelasi positif yang signifikan (r = .684, p <.050), menunjukkan bahwa harga diri yang lebih tinggi berkorelasi dengan presentasi diri yang lebih baik dan sebaliknya. Hal ini menggarisbawahi pengaruh harga diri terhadap perilaku presentasi diri secara online, yang menyoroti implikasi untuk strategi psikologis dan pendidikan untuk mendukung penggunaan media sosial yang sehat di kalangan remaja.
Copyrights © 2024