Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar dan Stres Akademik Sebuah Studi

Novianti, Evy (Unknown)
Mariyati, Lely Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara keterlibatan siswa dan stres akademik di kalangan siswa sekolah dasar. Meskipun telah diakui pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, masih ada kesenjangan dalam memahami bagaimana keterlibatan siswa berdampak pada stres akademik. Dilakukan di SDN Wonoplintahan 2 Prambon dengan jumlah sampel 144 siswa, penelitian korelasional kuantitatif ini menggunakan uji korelasi product moment Pearson untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan siswa dan stres akademik (r = 0.334, sig < .001), yang menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan yang lebih tinggi berkorelasi dengan tingkat stres yang lebih rendah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membina keterlibatan siswa untuk mengurangi stres akademik, menawarkan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan pembuat kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan siswa dan kinerja akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...