Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara keterlibatan siswa dan stres akademik di kalangan siswa sekolah dasar. Meskipun telah diakui pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, masih ada kesenjangan dalam memahami bagaimana keterlibatan siswa berdampak pada stres akademik. Dilakukan di SDN Wonoplintahan 2 Prambon dengan jumlah sampel 144 siswa, penelitian korelasional kuantitatif ini menggunakan uji korelasi product moment Pearson untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara keterlibatan siswa dan stres akademik (r = 0.334, sig < .001), yang menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan yang lebih tinggi berkorelasi dengan tingkat stres yang lebih rendah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya membina keterlibatan siswa untuk mengurangi stres akademik, menawarkan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan pembuat kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan siswa dan kinerja akademik.
Copyrights © 2024