Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Kontrol Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Risty, Fellycia Clovia (Unknown)
Fahmawati, Zaki Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Dalam dunia pendidikan, penundaan akademik masih menjadi masalah yang lazim terjadi, terutama di kalangan siswa sekolah menengah. Mengatasi hal ini, penelitian ini menyelidiki korelasi antara penundaan akademis dan kontrol diri. Dengan menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif, data dikumpulkan dari 327 siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Krian, yang dipilih melalui tabel Krejcie-Morgan dan pengambilan sampel secara tidak sengaja. Dengan menggunakan instrumen psikologis yang sudah ada, skala kontrol diri dan pengukuran penundaan akademis digunakan, yang menunjukkan reliabilitas masing-masing sebesar 0,823 dan 0,935. Temuan mengungkapkan hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan penundaan akademis (r= -.189, sig= .001), yang menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan penundaan akademis. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengembangkan kemampuan kontrol diri untuk mengurangi kecenderungan penundaan akademik di kalangan siswa sekolah menengah, sehingga memberikan wawasan yang berharga bagi para praktisi pendidikan dan pembuat kebijakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...