Journal of Islamic Psychology
Vol. 1 No. 2 (2024): November

Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII

Luthfiyah, Nur Azizah (Unknown)
Nastiti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar di antara siswa kelas delapan. Menggunakan pendekatan korelasional kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, data dikumpulkan dari 177 siswa dengan menggunakan skala yang telah diadaptasi untuk dukungan sosial dan motivasi belajar. Analisis korelasi Spearman's Rho menunjukkan hubungan positif yang signifikan (rho = 0.385, p <0.001) antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat dukungan teman sebaya yang lebih tinggi berhubungan dengan peningkatan motivasi belajar di kalangan siswa. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya hubungan teman sebaya dalam menumbuhkan motivasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar, yang menawarkan implikasi untuk praktik pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa melalui mekanisme dukungan sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Psychology

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Scope and Focus: The journal welcomes original research articles, reviews, case studies, and theoretical papers that address various aspects of psychology from an Islamic perspective. Topics of interest include, but are not limited to: Psychological well-being and mental health in Muslim communities ...