Salah satu kesulitan yang dialami oleh guru-guru di sekolah mitra, yaitu MAN Lumajang adalah membelajarkan suatu konsep ke siswa. Masalah kesulitan guru ini penting untuk diatasi, hal ini dikarenakan kemampuan guru akan mempengaruhi pembelajaran di kelas yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi siswa. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan guru-guru tersebut adalah dengan memberikan pelatihan. Agar pelatihan dapat berjalan dengan baik, maka penting untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pelatihan. Untuk itu, tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan faktor-faktor pendukung keberhasilan pelatihan terhadap guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor pendukung keberhasilan pelatihan terhadap guru muncul dalam setiap tahapan pelatihan. Faktor-faktor pendukung pada tahap perencanaan yaitu: sikap terbuka dari sekolah dan guru untuk bersedia diadakan pelatihan, adanya kesesuaian materi pelatihan dengan kebutuhan sekolah atau guru, tersedianya sarana dan prasarana, serta tersedianya bahan atau materi pelatihan. Faktor-faktor pendukung pada tahap pelaksanaan yaitu: pemilihan waktu yang tepat, kehadiran kepala sekolah, motivasi, keaktifan peserta, penguasaan materi dan kepercayaan diri pelatih, dan pemilihan metode pelatihan yang tepat. Faktor-faktor pendukung pada tahap pelaporan yaitu: tersedianya hasil analisis evaluasi, tersedianya foto-foto kegiatan, tersimpannya administrasi dengan baik, dan adanya sertifikat untuk peserta pelatihan.
Copyrights © 2020