Pelatihan ini membekali dan menyiapkan guru-guru sejarah SMA Kota Jayapuradalam mengahadapi tantangan pembelajaran abad ke-21 khususnya di EraPandemi Covid-19. Materi pelatihan meliputi: pedagogik, peran dan profilguru abad ke-21, pembelajaran inovatif (HOTS, TPACK dan 4C), perancanganpembelajaran Inovatif, Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan, workshop RPP Daringdan simulasi New Model Peer Teaching. Komunitas atau mitra dalam kegiatanpelatihan ini adalah guru-guru sejarah yang masa kerja kurang dari 6 tahun.Dengan pertimbangan bahwa para guru sejarah tersebut sangat strategiskarena dianggap mampu dan mau untuk dilibatkan dalam penerapan IPTEKS,serta dapat menyebarluaskan hasil kegiatan pada anggota komunitas sasaranyang lain. Adapun metode pelatihan berupa: ceramah, tanya jawab, diskusi,pembuatan RPP (workshop) dan praktik mengajar (New Model Peer Teaching).Hasil pelatihan menunjukkan bahwa: (1). Guru mampu mengembangkaninternalisasi Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan dalam pembelajaran sejarahSMA Kota Jayapura. (2). Guru mampu mengembangan Pembelajaran Inovatifdalam pembelajaran sejarah SMA Kota Jayapura.
Copyrights © 2020