KOPEMAS
Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PENGENALAN E-COMMERCE GUNA PENINGKATAN PENJUALAN

Eny Zuhrotin Nasyi’ah (Universitas Islam Malang)
Rachmad Jodi Andriansyah (Universitas Islam Malang)
Shinta Puspitarini (Universitas Islam Malang)
Badris Sholeh (Universitas Islam Malang)
Rara Nur Aliefia Alfiani (Universitas Islam Malang)
Nila Wardhani Hermianti Putri (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM dalam meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran melalui E-commerce khususnya sosial media Facebook dan Whatsapp. Diharapkan dengan E-commerce para pelaku UMKM dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan usahanya. Kegiatan ini dihadiri oleh 5 (lima) para pelaku UMKM. Media pengenalan dan pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ini berupa penyampaian materi dengan power point dan LCD proyektor. Sedangkan metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan sharing berbagi pengalaman. Selanjutnya diadakan praktek langsung dalam pemasaran menggunakan E-commerce. Dalam kegiatan praktek diajarkan membuat caption untuk menarik para pembeli (gambar, dan kata-kata). Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa hanya beberapa para pelaku UMKM yang aktif dalam menggunakan E-commerce dikarenakan kekurangan akan pengetahuan menggunakan aplikasi tersebut. Semua peserta mengungkapkan minat yang tinggi untuk menggunakan pemasaran melalui media E-commerce. Melihat kendala yang ada maka untuk kegiatan pengabdian selanjutnya membutuhkan waktu pelatihan yang lebih panjang agar lebih efektif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KOPEMAS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) adalah prosiding untuk memuat artikel ilmiah yang telah diseminarkan. KOPEMAS merupakan seminar nasional tahunan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam ...