Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM dalam meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran melalui E-commerce khususnya sosial media Facebook dan Whatsapp. Diharapkan dengan E-commerce para pelaku UMKM dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan usahanya. Kegiatan ini dihadiri oleh 5 (lima) para pelaku UMKM. Media pengenalan dan pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ini berupa penyampaian materi dengan power point dan LCD proyektor. Sedangkan metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan sharing berbagi pengalaman. Selanjutnya diadakan praktek langsung dalam pemasaran menggunakan E-commerce. Dalam kegiatan praktek diajarkan membuat caption untuk menarik para pembeli (gambar, dan kata-kata). Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa hanya beberapa para pelaku UMKM yang aktif dalam menggunakan E-commerce dikarenakan kekurangan akan pengetahuan menggunakan aplikasi tersebut. Semua peserta mengungkapkan minat yang tinggi untuk menggunakan pemasaran melalui media E-commerce. Melihat kendala yang ada maka untuk kegiatan pengabdian selanjutnya membutuhkan waktu pelatihan yang lebih panjang agar lebih efektif
Copyrights © 2021