Jurnal Kesehatan Medika Saintika
Vol 14, No 2 (2023): Desember 2023

ANALISIS FAKTOR PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN MELALUI METODE SISTEM PEMBERIAN PELAYANAN KEPERAWATAN PROFESIONAL (SP2KP) RSI SWASTA PADANG

Dewi Murni (F.Kep Unand)
Sidaria Sidaria (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Pendahuluan : Bidang kesehatan tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan. Indikator mutu pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan dengan cara salah satunya ialah penerapan standar pelayanan keperawatan professional seperti penerapan sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan Professional (SP2KP). Penerapan sistem SP2KP tersebut melibatkan kerjasama yang professional antara kepala ruangan, perawat primer (PP) dan perawat asosiet (PA) serta CCM (Clinical Care Management). Motivasi kerja merupakan sebuah kondisi yang berpengaruh untuk mengarahkan, membangkitkan, dan memelihara perilaku yang erat hubungannya dengan lingkungan kerja. Perawat tentunya akan selalu mengembangkan karir yang bertujuan meningkatkan moral kerja dan mengurangi kebutuhan karier. Terdapat 4 indikator sebagai dasar pengaturan pengorganisasian yaitu pembagian sesuai tugas, sesuai pekerjaan, penentuan relasi dan penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktivitas antar bagian dalam organisasi atau koordinasi. Secara optimal, pengorganisasian dapat menentukan mutu pelayanan. Pembagian tugas harus diperhatikan adanya keseimbangan wewenang dan tanggung jawab staff. Serta pembagian tugas dan pendelegasian wewenang dapat diketahui hubungan organisator antara suatu staf satu dengan yang lainnya dalam organisasi.Tujuan Penelitian: mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan di bidang keperawatan, dengan fokus pada penerapan Sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan Professional (SP2KP). Bahan dan Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross-Sectional Study, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling, sampelnya adalah 67 perawat praktik yang bekerja di ruang rawat inap dengan menggunakan Metode Professional Nursing Service Delivery System. Penelitian dilakukan di salah satu rumah sakit Swasta di Padang. Data dianalisis menggunakan Smart PLS Structural Equation Modeling (SEM) dengan outer model melalui CFA 3rd Order. Analisis Faktor Konfirmatori terhadap variabel faktor Internal untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui penerapan metode Professional Nursing Service Delivery System. Hasil: Berdasarkan hasil analisis, Dimensi yang paling dominan berhubungan dengan faktor peningkatan kualitas pelayanan adalah dimensi pengakuan dengan nilai loading faktor sebesar 0,849. Kesimpulan: Dimensi pengakuan memiliki peran yang sangat dominan dalam mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan di bidang keperawatan. implementasi kebijakan atau strategi yang memperkuat aspek pengakuan dalam lingkungan kerja perawatan dapat dianggap sebagai langkah yang krusial dalam meningkatkan mutu pelayanan. Pengakuan dapat mencakup penghargaan terhadap prestasi kerja, apresiasi terhadap kontribusi perawat, dan peningkatan komunikasi positif antara anggota tim kesehatan Keywords: Metode, Pemberian Pelayanan Keperawatan Professional, Perawat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kesehatan Medika Saintika adalah Jurnal Kesehatan berbahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Stikes Syedza Saintika Padang dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan Desember. Proses penyerahan naskah terbuka sepanjang tahun. Semua naskah yang dikirim akan melalui peer review ganda dan ulasan ...