Sertifikasi halal penting karena merupakan jaminan keamanan bagi seorang konsumen muslim untuk dapat memilih makanan yang baik baginya dan sesuai dengan aturan agama. Dengan diketahui kehalalan produk makanan dari label halal yang tercantum pada produk tersebut, tentu akan menimbulkan minat yang besar bagi konsumen dalam memutuskan membeli dan memakan produk makanan halal. Masyarakat Kuala Tungkal mayoritas beragama Islam. Untuk memenuhi kebutuhannya, masyarakat Kuala Tungkal berbelanja pada tiga mini market yang beroperasi diantaranya adalah Asean market, Fresh market, Indo Maret, sebagai perbelanjaan modern yang menjual aneka ragam produk makanan dalam kemasan dan merek. Minat membeli masyarakat Kuala Tungkal terhadap produk makanan sangat tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal terhadap minat masyarakat membeli produk makanan halal di Kuala Tungkal. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu sampling aksidental. Responden yang dipilih sebanyak 75 orang. Dari hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 6,713 dengan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ini adalah H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh antara sertifikasi halal terhadap minat masyarakat membeli produk makanan berlabel halal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019