Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh influencer dan iklan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee pada mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i STIE Widya Wiwaha yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel sebanyak 120 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan penelitian, hasil uji t diketahui influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka secara individual influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee, iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,013 lebih kecil dari 0,05 maka secara individual iklan berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee pada Mahasiswa/i STIE Widya Wiwaha. Hasil uji F diketahui nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan influencer dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee. Berdasarkan uji koefisien determinasi influencer dan iklan memiliki pengaruh sebesar 0,473 atau 47,3 % terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee.
Copyrights © 2023