Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia

PENGARUH INFLUENCER DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE

Qurrata Ayunina Ciptantri Hadipranata (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta)
Achmad Marzuki (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta)
Mia Indah Prastiwi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh influencer dan iklan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee pada mahasiswa STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i STIE Widya Wiwaha yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel sebanyak 120 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan penelitian, hasil uji t diketahui influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka secara individual influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee, iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,013 lebih kecil dari 0,05 maka secara individual iklan berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee pada Mahasiswa/i STIE Widya Wiwaha. Hasil uji F diketahui nilai sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan influencer dan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee. Berdasarkan uji koefisien determinasi influencer dan iklan memiliki pengaruh sebesar 0,473 atau 47,3 % terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrabi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus & Scope Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Finance and investment management 5. Entrepreneurship 6. Organisational behaviour and people ...