Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA PELAYANAN BUS SAMSAT KELILING DI KOTA YOGYAKARTA

Pamungkas, Puthut Rakyan (Unknown)
Chasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang dikenal dengan istilah 4P, yaitu produk, harga, tempat dan promosi, sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan seperti orang, proses, dan bukti fisik sehingga dikenal dengan istilah 7P. Bauran pemasaran menjadi alat perencanaan yang tepat bagi instansi publik yang ingin memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan nilai yang sesungguhnya. Instansi publik dapat memanfaatkan pola pikir dan pendekatan pemasaran ke dalam misi, pemecahan masalah yang terjadi dalam pembayaran pajak kendaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk meneliti hubungan antara bauran pemasaran terhadap kepatuhan wajib pajak pada pelayanan bus SAMSAT keliling. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data.. Berdasarkan dari hasil penelitian tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada pelayanan bus SAMSAT keliling di kota Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga variabel yang mempengaruhi wajib pajak dalam pembayaran pajak pada bus SAMSAT keliling yaitu harga, lokasi dan lingkungan fisik. Hasil yang diperoleh dari uji ANOVA dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketujuh variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Dalam pelayanan bus SAMSAT keliling, diharapkan tidak hanya dapat membayar pajak kendaraan satu tahunan tetapi dapat melayani pembayaran pajak lima tahunan sekaligus dilakukan dalam bus SAMSAT keliling agar dapat menambah kepatuhan wajib pajak agar membayar pajak kendaraan bermotor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrabi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus & Scope Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Finance and investment management 5. Entrepreneurship 6. Organisational behaviour and people ...