Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. SOEROTO NGAWI JAWA TIMUR

Mursyid, Mursyid (Unknown)
Albashori, Muhammad Fatkhurohman (Unknown)
Hafizah, Hafizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Permenkes No 72 Tahun 2016 standar pelayanan kefarmasian di Rumah sakit pasal 2 telah disebutkan pengaturan standar pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian, menjadi kepastian hukum bagi tenaga kefarmasian dan melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan obat tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien (patient safety). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) terhadap kepuasan pasien (Y) di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soeroto Ngawi Jawa Timur. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu tangible (X1), reliabiliy (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pasien (Y). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berupa data statistika. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soeroto Ngawi Jawa timur dengan sampel diambil menggunakan teknik probability sampling. Penyebaran kuesioner disebarkan ke pasien rawat jalan sebanyak 385 responden. Teknik pengiolahan data menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas) serta analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS for windows. Hasil pengolahan data diperoleh informasi bahwa variabel reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel tangible, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan kefarmasian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitin ini diharapkan menjadi masukan bagi RSUD dr. Soeroto Ngawi untuk melakukan evaluasi terkait dengan kualitas pelayanan kefarmasiannya agar kedepan lebih baik lagi dan dapat memberikan kepuasan kepada pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrabi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus & Scope Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Finance and investment management 5. Entrepreneurship 6. Organisational behaviour and people ...