Wanita sebagai agen perubahan dan pembangunan sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Data Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia tahun 2015 sebanyak 60% dari 49,9 juta jumlah pengusaha di Indonesia adalah wanita. Meningkatnya jumlah pengusaha wanita ini menjalar dan masuk di setiap kabupaten bahkan pada tingkat kecamatan dalam bentuk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dan menjadi kekuatan ekonomi yang baru muncul . Pengusaha wanita tumbuh semakin banyak sejalan dengan kebutuhan di lingkungan masyarakat , serta tuntutan pribadi untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui factor factor yang berpengaruh terhadap keputusan wanita berwirausaha terkhusus UMKM catering atau makanan. Faktor factor tersebut diukur melalui enam variable yaitu : minat , motivasi , social media, pemberdayaan diri , modal, dan peran suami. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dari 64 responden pengusaha wanita yang berasal dari Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Teknik pencarian data penelitian dengan menggunakan kuesioner. Model ini diuji dengan data dari survei di antara 64 pengusaha wanita di Kecamatan Polokarto Sukoharjo menggunakan Teknik Analisis Faktor. Hasil reduksi dan penamaan factor baru ,mengonfirmasi bahwa faktor dominan utama didominasi oleh dukungan keluarga, minat, dan motivasi. Dukungan keluarga menjadi keputusan utama bagi wanita di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo untuk menjadi wirausahawan.Kata Kunci: Pengusaha Wanita, UMKM, KeputusanJEL Klasifikasi: L26, O12, O16
Copyrights © 2021