Jurnal Pendidikan Matematika
VOLUME 6 NOMOR 2 DESEMBER 2019

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMP

Koumaidah Koumaidah (Universitas PGRI Semarang)
Heni Purwati (Universitas PGRI Semarang)
Aryo Andri Nugroho (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Weleri dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2019/2020. Subjek yang diambil sebanyak 3 siswa berdasarkan masing-masing gaya belajar yang diplih melalui pengisian angket gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode triangulasi metode, dengan teknik tes dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut yaitu subjek dengan gaya belajar visual dan auditorial mampu memecahkan masalah matematika dengan benar dan tepat serta menggunakan empat tahapan Polya. Sedangkan pada subjek dengan gaya belajar kinestetik mampu memecahkan masalah matematika mengggunakan empat tahapan Polya namun hasil yang diperoleh kurang tepat. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan masing-masing gaya belajar mampu memecahkan masalah matematika dengan empat tahapan Polya namun siswa dengan gaya belajar kinestetik hasil yang diperoleh kurang tepat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The focus and scope of JPM: Jurnal Pendidikan Matematika include various aspects of Mathematics Education, such as research and development, quantitative and qualitative studies, experimental research, correlation and regression analysis, application of theory, critical analysis studies, and Islamic ...