Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi gaya mengajar resiprokal terhadap minat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SDN 105428 Silau Merawan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif-eksperimen, dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 18 orang siswa, jadi keseluruhan populasi yang dimiliki adalah 46 orang siswa. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang siswa SN 105428 Silau Merawan. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran angket dan observasi tidak terstruktur, seterusnya data akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi gaya mengajar resiporkal memiliki pengaruh yang positif terhadap minat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SDN 105428 Silau Merawan. Dapat dilihat dari perbandingan rata-rata pada saat melakukan pretest dengan rata-rata posstest. Selain itu juga berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 23 for windows nilai signifikan yang didapat lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh keterampilan guru megadakan variasi gaya mengajar resiprokal terhadap minat belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SDN 105428 Silau Merawan.
Copyrights © 2024