Penelitian ini membahas strategi pembinaan tim olahraga sekolah di SMP Trisakti 2 Medan dengan fokus pada integrasi olahraga dalam kurikulum pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diharapkan dengan pendekatan yang terstruktur dan komprehensif, tim olahraga sekolah dapat mencapai prestasi yang lebih baik dan memberikan dampak positif bagi perkembangan fisik dan mental para siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kebijakan pendidikan dan program sekolah serta memberikan wawasan praktis bagi pendidik, administrator sekolah, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pendidikan jasmani. Analisis menunjukkan bahwa tantangan dalam integrasi olahraga dalam kurikulum lain meliputi kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sumber daya, dan resistensi dari orang tua. Solusinya meliputi pelatihan guru, peningkatan fasilitas olahraga, dan kampanye kesadaran kepada orang tua, yang diharapkan dapat meningkatkan penerimaan dan efektivitas program.
Copyrights © 2023