Studia Ekonomika
Vol. 18 No. 1 (2020): Studia Ekonomika Volume 18 Nomor 1 Januari Tahun 2020

Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Exchange Rate Dan Leverage Terhadap Indikasi Perusahaan Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Ruslaini Ruslaini (STIE Kasih Bangsa)
Ernawati Ernawati (STIE Kasih Bangsa)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pajak, kepemilikan asing, exchange rate dan leverage terhadap indikasi perusahaan melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu indikasi perusahaan melakukan transfer pricing, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah pajak, kepemilikan asing, exchange rate dan leverage. Sampel yang digunakan adalah 7 perusahaan makanan dan minuman yang memiliki kelengkapan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan antara lain analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi logistik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepemilikan asing dan exchange rate tidak berpengaruh signifikan terhadap indikasi perusahaan melakukan transfer pricing, hal ini ditunjukkan dengan variabel kepemilikan asing memiliki nilai chi-square table > chi-square hitung (3,841 > 3,105), variabel exchange rate memiliki nilai chi-square table > chi-square hitung (3,841 > 2,103). Sedangkan variable pajak dan leverage secara parsial berpengaruh terhadap indikasi perusahaan melakukan transfer pricing, hal ini ditunjukkan dengan variabel pajak memiliki nilai chi-square table < chi-square hitung (3,841 < 4,668), variabel leverage memiliki nilai chi-square table < chi-square hitung (3,841 < 6,302). Secara simultan, variabel pajak, kepemilikan asing, exchange rate dan leverage berpengaruh signifikan terhadap indikasi perusahaan melakukan transfer pricing, dimana dalam penelitian ini diperoleh nilai chi-square hitung dan signifikansi sebesar 16,662 dan 0,002. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,512 artinya 51,2% transfer pricing dapat dijelaskan oleh variabel pajak, kepemilikan asing, exchange rate dan leverage, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

StudiaEkonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Strategic Management Organizational Behavior Innovation and Technology Management Business Ethics Sustainable Entrepreneurship Small Business ...