Kerajinan tangan adalah kegiatan manusia dalam menciptakan produk atau barang secara manual dengan menggunakan keterampilan dan keahlian tangan. Jika dilihat saat ini kerajinan tangan menjadi trend untuk membuka peluang bisnis melalui media online. Pemasaran berbasis media online adalah pendekatan pemasaran yang memanfaatkan platform dan kanal digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan kerajinan tangan dan pemasaran berbasis media online bagi kelompok remaja putri sehingga dapat diwujudkan pemahaman dan keterampilan untuk melatih kreativitas kelompok remaja tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu : 1.) Persiapan dengan sosialisasi kegiatan kepada kelompok remaja putri, untuk memudahkan koordinasi maka akan dibentuk kelompok belajar, 2.) Pelaksanaan dilakukan dengan cara penyuluhan, 3.) Evaluasi dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada peserta kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat untuk mengukur perubahan atas tingkat pengetahuan dan keterampilan kelompok remaja putri setelah mengikuti kegiatan ini. Proses pemasaran dilakukan secara offline dan online. Dari hasil penyebaran kuesioner, menunjukkan bahwa terdapat 64,23 % peserta telah sangat baik memahami teknik pembuatan produk inovatif kerajinan tangan yang diajarkan dan terdapat 66,89 % peserta telah memiliki tingkat pemahaman yang sangat baik terhadap penggunaan website/blog dan social media seperti Instagram dan facebook sebagai sarana pemasaran online.
Copyrights © 2024