Status gizi merupakan suatu ukuran mengenai kondisi tubuh seseorang yang dilihat dari makanan yang dikonsumsi dan penggunaan zat di dalam tubuh. Status gizi dibagi menjadi 3 kategori yaitu status gizi kurang, status gizi normal dan status gizi lebih. Tujuan Penelitian Untuk menganalisis adanya pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri menggunakan media buku saku di SMA Raudatul Falah cermee kabupaten bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest with kontrol group dan tehknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 102 responden, yaitu 50 kelompok intervensi dan 50 kelompok kontrol.Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji paired T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri menggunakan media buku saku di SMA Raudatul Falah Cermee Kabupaten Bondowoso pada kelompok intervensi dengan Asymp.Sig 0,000 < a =0,05 Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi dengan media buku saku. Kesimpulan: Ada Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri menggunakan media buku saku di SMA Raudatul Falah Cermee Kabupaten Bondowoso pada kelompok intervensi, sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada pengaruh karna memang tidak dilakukan edukasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024