Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pengelolaan homestay, latar belakang masalah dari penelitian ini adalah belum adanya informasi berbentuk website sehingga calon penyewa harus mendatangi lokasi untuk mengecek kamar, pengisian form transaksi menggunakan pembukuan yang dapat hilang ataupun rusak serta transaksi pembayaran tunai kurang terjamin. Tujuan dari sistem ini adalah mempermudah pengembangan usaha homestay dengan merancangan dan menerapkan sistem informasi pengelolaan homestay. Metode pengembangan Waterfall yang memiliki lima tahapan yaitu analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian sistem dan pemeliharaan. dan sebagai metode pemodelan sistem penulis menggunakan Unified Modeling Language (UML) berupa Usecase diagram, Activity diagram, Class diagram dan Sequence diagram yang di bangun menggunakan xampp sebagai web server serta database menggunakan MySql. Dengan adanya perancangan sistem informasi homestay berbasis website mempermudah penyewa maupun pemilik homestay dalam bertransaksi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022