Minat beli merupakan langkah awal dalam komponen perilaku konsumen dalam menggunakan barang dan jasa sebelum melakukan pembelian. Ketika konsumen tertarik terhadap suatu produk maupun jasa, maka konsumen akan mempertimbangkan apakah produk atau jasa yang didapatkan akan sepadan dengan apa yang konsumen keluarkan. Ketika konsumen ingin membeli sesuatu, maka strategi penetapan harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat beli dari konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh strategi penetapan harga terhadap minat beli konsumen di Amarterra Villas Resort Bali Nusa Dua, Autograph Collection. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan metode sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 16 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan Uji-t yang dibantu dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara strategi penetapan harga (X) dan minat beli (Y) konsumen di Amarterra Villas Resort Bali Nusa Dua, Autograph Collection. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah pentingnya mempertimbangkan strategi penetapan harga yang tepat dalam meningkatkan minat beli konsumen di pasar pariwisata yang kompetitif seperti Bali.
Copyrights © 2024