Minat pemesanan kamar merupakan faktor penting dalam meningkatkan hunian hotel. Salah satu pengaruh utama adalah online customer review. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review di TripAdvisor terhadap minat pemesanan kamar di Hotel Fairfield by Marriott Bali Kuta Sunset Road. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 145 responden berusia minimal 21 tahun, data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang mengukur 25 pernyataan variabel online customer review. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa review online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pemesanan kamar dengan nilai thitung > ttabel yaitu 28,518 > 1,977 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dimensi review yang paling berpengaruh secara berurutan adalah volume, usefulness, timeliness, reviewer expertise, comprehensiveness, dan valance. Uji koefisien determinasi mengungkapkan bahwa review online memberikan kontribusi sebesar 84,9% terhadap minat pemesanan kamar, sedangkan 15,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2024