Pendekatan etika bisnis dapat memberikan model manajemen bisnis bagi pelaku usaha agar memiliki landasan, arah, dan tujuan yang jelas, sehingga bijak dalam mengelola bisnis. Melalui pendekatan etika bisnis Islam sebagai fondasi berbisnis, pelaku usaha mempunyai suatu paradigma yang kokoh dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan kepustakaan dengan mengelaborasi data yang diperoleh dari berbagai sumber yang relevan untuk dianalisis kedalam suatu konsep model bisnis dan etika dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep bisnis yang dijabarkan dalam surah An-Nisa ayat 29 memberikan renungan bagi pelaku usaha untuk memahami tentang apa yang boleh dan dilarang dalam berbisnis. Selain itu, surah An-Nisa ayat 29 memberikan penekanan bahwa para pelaku usaha dalam mengelola bisnis perlu menekankan pada empat aspek, yaitu: meluruskan persepsi tentang harta, tidak melakukan kebatilan, mencapai kerelaan, dan tidak melakukan kezhaliman, sehingga melalui keempat poin tersebut para pelaku usaha mempunyai paradigma yang kokoh dalam berbisnis dan dapat bersaing secara sehat serta tidak merugikan pihak lain.
Copyrights © 2024