Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum
Vol 2 No 1 (2023): DIMAS-UNDAR

Aplikasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Pembelajaran Membaca Al – Qur’an

Zakiyatul Fakhiroh, Ilmi (Unknown)
Shofiatun Nikmah, Siti (Unknown)
Triristina, Nensy (Unknown)
Qolbiyyah, Shofwatal (Unknown)
Irfan, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa di TPQ Al-Amin mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam membedakan huruf hijaiyah satu dengan lainnya dan memahami panjang pendek harokat atau tanda baca. Hal ini dikarenakan tidak optimalnya metode pembelajaran yang digunakan dan kondisi ruang kelas yang tidak kondusif terkait kapasitas jumlah siswa. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah ustadzah di TPQ Al-Amin yang bertujuan memberikan pengarahan dalam menerapkan metode pembelajaran Yanbu’a untuk mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an. Hasil dari kegiatan ini, para ustadzah mampu menerapkan dan mempraktekannya mulai dari persiapan rencana hingga evaluasi pemebelajaran. Melalui penambahan jadwal materi untuk mendampingi pembelajaran Al-Qur’an serta penataan tempat duduk di kelas yang lebih tertib. Kendala yang dihadapi adalah penambahan murid baru yang memerlukan ustadzah khusus untuk mendampingi dalam pembelajaran dasar Al-Qur’an.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dimas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum (DIMAS-UNDAR) is a multidisciplinary scientific journal published by Darul Ulum University. This journal focuses on articles on the results of community service in handling, and managing various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in the ...