Anak merupakan individu yang unik dan mempunyai kekhasan kognitif, sosial, emosional, bahasa, fisik, dan seni yang merupakan ciri-ciri yang mengalami proses perkembangan yang sangat pesat. Masa ini merupakan masa yang sangat mendasar bagi kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, usia nol hingga enam tahun merupakan masa emas (golden age). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tongkat angka terhadap keterampilan berhitung pada anak usia dini dan apakah bermain tongkat angka meningkatkan keterampilan berhitung pada anak usia dini PAUD Arrohman. Penelitian di bidang ini sering kali menggunakan studi lapangan. Desain satu kelompok yang serupa dengan yang digunakan dalam studi pra-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Berdasarkan analisis statistik uji t berpasangan, penelitian ini diperoleh thitung sebesar 63,400 dan ttabel sebesar 2,096. Karena 63,400 lebih dari 2,069, dan tanda (2-tailed) adalah 0,000 < 0,005, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan nilai R-squared sebesar 0,750 menunjukkan bahwa penggunaan tongkat bilangan (X) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa PAUD (Y). Kedua variabel penelitian diyakini memiliki keterkaitan yang signifikan. Nilai koefisien determinasi (KD) atau R-squared diperoleh sebesar 0,562. Artinya X sebagai variabel bebas memberikan kontribusi sebesar 56,2% terhadap Y sebagai variabel terikat. Sedangkan faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian menyumbang 43,8% sisanya.
Copyrights © 2024