Diversifikasi usaha merupakan memperluas pasar dengan mengembangkan produk baru yang sesuai dengan pasar agar memiliki keunggulan bersaing. Menurut Hariadi (2005:37) diversifikasi usaha dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum dengan cara mengombinasikan beberapa porto folio investasi apakah dengan cara memproduksi barang yang bermacam-macam, mendirikan sejumlah unit bisnis, atau mendirikan anak-anak perusahaan yang baru atau bahkan membeli perusahaan yang sudah berdiri. Jenis penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan antara perusahaan dengan jumlah diversifikasi/segmen <2 dengan 3-4, <2 dengan >5, 3-4 dengan >5, dan <2, 3-4 dan >5. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja keuangan antara perusahaan dengan jumlah diversifikasi/segmen <2, 3-4 dan >5. terdapat perbedaan yang signifikan bagi perusahaan yang termasuk dalam segmen <2, 3-4dan>5diukur dengan rasio keuangan. Â
Copyrights © 2016