Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGARUH RELIGIUSITAS, PENDAPATAN DAN MEDIA INFORMASI TERHADAP MINAT WAKAF UANG PADA LABORATORIUM ZAKAT INFAQ SEDEKAH DAN WAKAF FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Weli Agustina (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Desi Isnaini (Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Andi Cahyono (Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Nonie Afrianty (Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Yuyun Yuniara (Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas, pendapatan dan media informasi terhadap minat wakaf uang pada Laboratorium Zakat Infaq Sedekah dan wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu alumni dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu yang melakukan wakaf uang 3 tahun terakhir yang berjumlah 1.102 dan sampel yang diambil adalah 10 % dari 1.102 yaitu 110 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, karena jumlah variabel bebas dalam penelitian ini sebanyak 3 variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh religiusitas, pendapatan dan media informasi terhadap minat wakaf uang pada Laboratorium Zakat Infaq Sedekah dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0.000<0.05. Sedangkan hasil perhitungan Adjusted R Square (R2) sebesar 0,653 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh religiusitas, pendapatan dan media informasi terhadap minat wakaf uang sebesar 65,3%, masuk dalam kategori kuat. Sedangkan sebesar 34,7% dimana minat wakaf uang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024