Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI NAKOA CAFÉ MALANG: PHYSICAL EVIDENCE AND PEOPLE

Oktavia Fitri Hasiani Pasaribu (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Kedai kopi adalah tempat yang dibutuhkan orang pada saat ini. Sejalan dengan semakin banyaknya kedai kopi yang ada, persaingan bisnis di sektor kedai kopi juga semakin meningkat. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh physical evidence dan people pada bauran pemasaran terhadap minat beli dan keputusan pembelian konsumen di Nakoa Café Jl. Bondowoso, Malang, secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini diuji menggunakan software Warp-PLS 7.0 dengan seratus responden yang memiliki kriteria tertentu. Terdapat dua variabel penjelas, bukti fisik dan orang. Variabel responnya adalah minat beli dan keputusan pembelian. Salah satu tujuan penelitian ini, menganalisis minat beli sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini yaitu physical evidence berpengaruh langsung positif terhadap minat beli tetapi tidak signifikan namun berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel people memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Variabel minat beli tidak dapat menjadi variabel mediasi antara physical evidence dan keputusan pembelian tetapi dapat menjadi variabel mediasi antara variabel people dan keputusan pembelian.

Copyrights © 2024