Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

KARAKTERISTIK LAYANAN DIGITAL : BELANJA ONLINE DENGAN DOMPET DIGITAL, KEAMANAN BERTRANSAKSI, DAN DAMPAKNYA PADA PERILAKU PEMBELIAN

Hansel Osmond Laurence (Universitas Prima Indonesia)
Wiliam Wiliam (Universitas Prima Indonesia)
Velyn Likhe Layoji (Universitas Prima Indonesia)
Hendra Saputra (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Belanja online merupakan salah satu pilihan belanja yang praktis dan ekonomis bagi masyarakat terutama saat ini pembayaran dipermudah dengan kehadiran dompet digital. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Layanan Digital : Belanja Online dengan Dompet Digital, Keamanan Bertransaksi, dan Dampaknya Pada Perilaku Pembelian. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan sampel 100 orang sebagai responden. Pengolahan data menggunakan aplikasi Smart Pls 4. Hasil penelitian menunjukkan nilai statistik (t hitung) karakteristik layanan digital yaitu 2.436 > nilai 1,96 dengan p values yaitu 0,015 < sig0,05, maka karakteristik layanan digital berefek positif terhadap perilaku pembelian.Nilai statistik (t hitung) belanja online yaitu 3.747 > nilai 1,96 dengan p values yaitu 0,000 < sig0,05, maka dapat disimpulkan belanja online berefek positif terhadap perilaku pembelian. Nilai statistik (t hitung) belanja keamanan bertransaksi yaitu 3.955 > nilai 1,96 dengan p values yaitu 0,000 < sig0,05, maka keamanan bertransaksi berefek positif terhadap perilaku pembelian. Nilai uji statistik F (hitung) sebesar 57,385 F > tabel 2,699, maka dapat disimpulkan karakteristik layanan digital, belanja online dengan dompet digital, keamanan bertransaksi berefek positif secara silmultan terhadap perilaku pembelian.

Copyrights © 2024