Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

IDENTIFIKASI KEY PERFORMANCE INDICATORS DAN PERANCANGAN DASHBOARD UNTUK MONITORING PENJUALAN DI RYU-DON CAFE & RESTO

Nelly, Nelly (Unknown)
Trisnawarman, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penggunaan teknologi telah menjadi bagian penting dalam dunia usaha, namun banyak pelaku usaha masih menggunakan metode manual dalam pengelolaan data, yang jadinya tidak efesiensi dan sering terjadinya potensi kesalahan. Data merupakan aset berharga yang dapat memberikan nilai lebih ketika diolah dengan baik. Ryu-Don Cafe & Resto, restoran bertema Jepang yang berdiri pada tahun 2022, telah menerapkan sistem database menggunakan SQLite untuk mengelola data penjualan. Namun, sistem ini masih memiliki keterbatasan, seperti pembaruan data yang tidak real-time. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard monitoring penjualan di Ryu-Don Cafe & Resto menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) menggunakan turunan waterfall. Dashboard ini dapat memberikan gambaran yang lebih efektif mengenai data penjualan serta membantu dalam pengambilan keputusan strategis di masa depan. Dengan penerapan dashboard, Ryu-Don Cafe & Resto dapat memantau data penjualan bisnisnya menjadi lebih efektif. Dengan pendekatan ini, perancangan dilakukan secara bertahap mulai dari mengidentifikasi Key Performance Indicator (KPI), yang berfungsi sebagai alat ukur kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan strategisnya. Dalam menentukan KPI untuk Ryu-Don Cafe & Resto dilakukan wawancara dan dalam penyusunannya menggunakan metode SMART Goals (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). Hasil penelitian ini menghasilkan KPI antara lain pendapatan total, total transaksi, penjualan per kategori menu, produk terlaris, penjualan per tipe order, distribusi tipe pembayaran, penggunaan diskon, dan total orderan, yang memberikan kontribusi signifikan dalam pengelolaan bisnis restoran, serta menawarkan solusi yang relevan bagi usaha lain dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Copyrights © 2024