UMKM berperan penting dalam perekonomian Indonesia, namun pandemi COVID-19 telah menyebabkan penurunan signifikan dalam penjualan dan pendapatan, terutama di sektor makanan dan minuman. Salah satu UMKM yang masih menghadapi tantangan dalam pemasarannya yaitu UMKM yang ada di Desa Telang Kabupaten Bangkalan Madura, meskipun jumlah UMKM terus bertambah, banyak juga diantaranya yang gagal mencapai pertumbuhan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Desa Telang Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 pemilik usaha. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner. Pengujian data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi customer intensity, innovativeness, proactiveness berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM, sedangkan dimensi resource leveraging, value creation, calculated risk taking dan opportunity focus tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dalam penelitian ini kita dapat menyimpulkan bahwa pemasaran kewirausahaan memiliki pengaruh dan dampak signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Desa Telang Bangkalan sebesar 45,4%.
Copyrights © 2024