Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 11 (2024): Action Research Literate

Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Mediasi

Setyabudi, Iwan (Unknown)
Rahayu, Caecilia Wahyu Estining (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh secara langsung motivasi terhadap kinerja guru; 2) Pengaruh secara langsung kepuasan kerja terhadap kinerja guru; 3) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh employee engagement; 4) Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh employee engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada seluruh guru tidak tetap Yayasan Yohannes Gabriel Perwakilan Blitar - Tulungagung. Jumlah responden dalam penelitian ini 114 orang. Teknik analisis data menggunakan PLS dengan software smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Motivasi secara langsung tidak berpengaruh terhadap kinerja guru; 2) Kepuasan kerja secara langsung berpengaruh terhadap kinerja guru; 3) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru dengan dimediasi penuh (full mediation) oleh employee engagement; 4) Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dengan dimediasi sebagian (partial mediation) oleh employee engagement. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa ke depannya pihak pemangku kebijakan lebih memperhatikan dan memperbaiki hal-hal yang bersifat meningkatkan motivasi, kepuasan kerja, dan employee engagement para guru agar kinerjanya juga semakin meningkat, dalam hal ini berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan bagi guru tidak tetap dan memberikan jaminan status kepegawaian kepada mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...