TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah
Vol 4 No 01 (2023): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN UKHUWAH (Studi Di Pt. Bpr Syariah Lantabur Tebuireng Jombang).

Syahni, Ahmad (Unknown)
Nasirin, Muhammad Khoirun (Unknown)
Rahman, Miftahur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Pada sebuah negara maju, bank menjadi lembaga yang sangat startegis dan memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian negara. Dalam menjalankan operasioanlnya setiap lembaga keuangan perbankan syariah memiliki beberapa produk yang ditawarkan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain kualitas produk yang dimiliki di dalam dunia usaha kegiatan promosi dicoba untuk menjunjung kegiatan pemasaran ataupun penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel independen yang mempengaruhi variabel dependen pada produk tabungan ukhuwah di PT. BPR Syariah Lantabur Tebuireng Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yakni dengan membandingkan hasil pengumpulan data serta membuktikan dengan angka pada sejumlah populasi melalui sampel yang dianggap layak untuk diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah produk tabungan ukhuwah PT. BPR Syariah Lantabur Tebuireng Jombang dengan sampel berjumlah 68 nasabah dengan menggunakan teknik sampling insidental. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah pada produk tabungan ukhuwah di PT. BPR Syariah Lantabur Tebuireng Jombang dengan nilai T hitung sebesar 2,798 dengan nilai signifikansi T tabel sebesar 1,669 dan nilai signifikan 0,007 kurang dari 0,05 (2) Promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah pada produk tabungan ukhuwah di PT. BPR Syariah Lantabur Tebuireng Jombang dengan nilai T hitung sebesar 4.004 dengan nilai signifikansi T tabel 1,669 dan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05 (3) Kualitas produk dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah produk tabungan ukhuwah di PT. BPR Syariah Lantabur Tebuireng Jombang dengan nilai F hitung 75,556 lebih besar dari F tabel 3.138 dan memiliki signifikansi 0,000 kurang dari 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tijarotana

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Tentang jurnal ini, Penerbit : LPPM STIES BABUSSALAM TIJAROTANA : Jurnal berbahasa Indonesia ini diterbitkan sejak 01 Maret oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam, Kalibening Mojoagung Jombang. Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan di media lain. ...