Media memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat membangkitkan minat siswa, motivasi siswa, dan memberikan rangsangan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Manfaat media dalam proses pembelajaran adalah untuk memudahkan interaksi antara guru dan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses penerapan media boneka jari untuk meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini menggunakan model rancangan Ahmad Rohani yang mendefinisikan media sebagai segala sesuatu yang dapat dirasakan yang berfungsi sebagai perantara, sarana, dan alat bantu proses belajar mengajar. Temuan penelitian ini mengungkapkan adanya peningkatan kemampuan bercerita siswa untuk setiap siklus yang ditandai dengan kepercayaan diri siswa, kemampuan menguasai cerita siswa, dan penguasaan ekspresi siswa. Pemanfaatan boneka jari sebagai alat bantu dalam kegiatan bercerita dapat berupa interaksi komunikatif agar siswa dapat lebih fokus dalam bercerita dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa boneka jari dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya dalam mempelajari teks naratif.
Copyrights © 2023