Alamtana
Vol 2 No 3 (2021): Edisi Desember 2021

ASESMEN ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH PENGGERAK SMPN 4 KERUAK, LOMBOK TIMUR

raden didi kuswara (Pendidikan Biologi UNW Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendiagnosis gaya belajar siswa kelas VIIA SMPN 4 Keruak, Lombok Timur menggunakan aplikasi dan web AKU PINTAR dengan tiga jenis gaya belajar yakni visual, auditori, dan kinestetik. Diagnosis ini sangat penting untuk dilakukan, karena sebagai acuan guru untuk mendesain proses pembelajaran ataupun dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil asesmen diagnosis gaya belajar siswa didapatkan bahwa gaya belajar auditori yang mendominasi yakni sebesar 34,62% dan kombinasi ketiga jenis gaya belajar yakni visual auditori kinestetik sebesar 30,77%, sisanya visual, audio visual, audio kinestetik, dan visual kinestetik. Dari hasil asesmen tersebut guru harus mengakomodasi semua gaya belajar siswa pada kelas VIIA tersebut, agar semua siswa dapat memahami informasi yang diberikan guru dan menyerap ilmu pengetahuan yang seharunya mereka dapatkan sehingga pembelajaran optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jaltn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram bertujuan untuk mempublikasikan pemikiran atau gagasan konseptual dan hasil penelitian yang telah dicapai dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, khususnya pengabdian kepada masyarakat di bidang olahraga dan kesehatan. Alamtana: Jurnal Pengabdian ...