Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah dalam kaitan peningkatan Kualitas Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara; 2) Mengetahui upaya Kepala Madrasah dalam mengefektifkan komunikasi interpersonal di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara; dan 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1)Pola komunikasi interpersonal kepala madraasah dalam meningkatkan kualitas lulusan adalah dengan cara terbuka yakni dengan cara senantiasa memotivasi para guru maupun tenaga kependidikan agar lebih memperhatikan kinerjanya, mampu bekerja sama dengan baik sehingga hal ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan madrasah.; 2) Upaya kepala madrasah dalam mengefektifkan komunikasi interpersonal di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane ditunjukkan dengan cara memberikan perhatian pada guru maupun pegawai, mendorong guru maupun pegawai untuk senantiasa bekerjasama terutama dalam kaitan memajukan madrasah dan meningkatkan kualitas lulusan, menjadi penengah untuk masalah yang muncul di antara rekan, menjadi pendengar yang baik, dan berupaya menempatkan diri ditengah-tengah mereka; dan 3) Faktor pendukung efektifnya komunikasi interpersonal kepala madrasah dikarenakan munculnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang baik di madrasah sedangkan faktor penghambatnya hanya pada ketidakhadiran kepala madrasah meskipun hal ini dapat diantisipasi melalui telpon.
Copyrights © 2019