Pedagogy: Journal of Multidisciplinary Education
Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Dewi Dewi (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Irmayanti Irmayanti (Universitas Islam Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri No.4 Balangnipa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunkan pendekatan kuantitatif dengan desain pada penelitian ini yaitu Pre-experimental Design, bentuk yang digunakan yaitu One Group Pretest Postest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.4 Balangnipa. Hasil penelitian ini menunjukan (1) hasil uji sampel paired t test pada post test menggunakan SPSS 19.0 diketahui tingkat signifikasinya 0,0005. Nilai signifikasi menunjukan 0,0005 < 0,05 sehingga H0 ditolak, yang artinya bahwa terdapat peningkatan pemecahan masalah sebelum diterapkan model pembelajaran denagn sesudah diterapkan model pembelajaran. (2) hasil perolehan rata-rat N-Gain dalam bentuk persen pada ranah kognitif memperoleh hasil rata-rata 73.7221% dengan kategori sangat efektif. Berdasrkan kedua kategori diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif dalam mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri No.4 Balangnipa pada materi bangun ruang (balok dan kubus).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pedagogy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...