Pedagogy: Journal of Multidisciplinary Education
Vol. 1 No. 1 (2024): Mei 2024

Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Pembelajaran di SMP Negeri 7 Sinjai

R. Nurhayati (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Prima Mytra (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Abu Darda (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Magfira Urva (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Rafiqa Sausan (Universitas Islam Ahmad Dahlan)
Mirnawati Mirnawati (Universitas Islam Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampil an guru dan kendala yang dihadapi dalam membuka dan menutup pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction, display data dan verification serta menggunakan trianggulasi sumber. Subjek penelitian adalah guru PAI SMP Negeri 7 Sinjai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru SMPN 7 dalam membuka dan menutup pembelajaran telah dilaksanakan secara maksimal meskipun terdapat kendala waktu, titik fokus perhatian apalagi mata pelajaran dilaksankan setelah jam istirahat serta guru yang lupa menutup pembelajaran karena keasikan. Pentingnya keterampilan guru dalam kegiatan pembelajaran akan menjadi pondasi awal tercapainya tujuan pembelajaran serta terciptanya kesetaraan kemampuan antar siswa di dalam kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pedagogy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...