Jurnal Abdimas UM Jambi
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Abdimas UM Jambi

Analisis Penerapan Teknologi Digital dalam Pemasaran Produk UMKM di Desa Gedongan

Oktaviani, Rara (Unknown)
Irmanelly, Irmanelly (Unknown)
Winarni, Etik (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Teknologi digital dalam pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dibentuk agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dan mengurangi biaya promosi jika dibandingkan dengan metode pemasaran secara tradisional. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknologi digital dalam pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gedongan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara dan pengamatan langsung terhadap pelaku UMKM. Hasil Utama: Meskipun penerapan pemasaran digital memberikan manfaat yang signifikan, namun pelaku UMKM juga menghadapi berbagai tantangan, seperti koneksi yang buruk, hingga kendala dalam kepemilikan akses teknologi, yaitu kurangnya pelaku UMKM yang menggunakan alat telekomunikasi. Kesimpulan: Walaupun teknologi digital menawarkan berbagai keuntungan bagi UMKM dalam pemasaran, hambatan-hambatan tersebut perlu diatasi guna memaksimalkan potensi pemasaran digital di Desa tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAUM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas UM Jambi is a publication by the LPPM Muhammadiyah University of Jambi that aims to publish and circulate community service articles and writings conducted by academics, practitioners, and students. The primary objective of this journal is to inspire and benefit society through ...