Penelitian ini dilakukan di salah satu SMAN di Surabaya dengan hasil respon yang positif oleh peserta didik. Dimana pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) pada materi energi alternatif. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan one group pretest-posttest. Subjek yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-8 SMAN 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket dengan instrumen berupa lembar observasi, tes tertulis dan angket respons. Hasil menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi energi alternatif memperoleh respon positif dengan persentase rata-rata rata-rata 86,37% dengan kategori Sangat Baik (SB).
Copyrights © 2024