Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

Respon Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains

Ardhia Pramesti (Unknown)
Setyo Admoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di salah satu SMAN di Surabaya dengan hasil respon yang positif oleh peserta didik. Dimana pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) pada materi energi alternatif. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan one group pretest-posttest. Subjek yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-8 SMAN 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket dengan instrumen berupa lembar observasi, tes tertulis dan angket respons. Hasil menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Collaborative Argumentation Learning Model (CALM) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi energi alternatif memperoleh respon positif dengan persentase rata-rata rata-rata 86,37% dengan kategori Sangat Baik (SB).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...