Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

Dampak Mengakses TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dan Pandangannya Menurut Islam

Amanda Amalliya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinda Putri Mugiani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Achmad Faqihuddin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya pemasaran digital, telah mengubah pola belanja masyarakat, terutama mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dan pandangannya menurut Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer melalui survei terhadap mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi Negeri Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden sudah mengetahui bahkan memiliki fitur TikTok Shop, tetapi frekuensi penggunaannya bervariasi. TikTok Shop berpengaruh pada keinginan berbelanja melalui insentif diskon dan kemudahan aksesnya. Hasil analisis juga mengungkapkan bahwa TikTok Shop juga mempengaruhi kontrol diri dan pengeluaran bulanan sehingga memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Dalam pandangan Islam, perilaku konsumtif yang meningkat dapat menimbulkan kekhawatiran terkait ajaran keseimbangan dalam konsumsi. Penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman bagaimana e-commerce seperti TikTok Shop dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi Negeri Bandung dan relevansinya dengan nilai-nilai moral Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...