Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sub sektor food and beverage. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh ukuran sampel sebanyak 28 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 – 2022. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji statistik menunjukan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan corporate social responsibility secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sub sektor food and beverage. Secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, likuiditas berpengaruh signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan, dan corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Copyrights © 2024