Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 9 (2024): NOVEMBER 2024

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPAREPART MOBIL TOKOTOKI05  DI SHOPEE

Siti Nur Azizah (Unknown)
Wawan Supriyatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sparepart Mobil Tokotoki05 di Shopee baik secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli Sparepart Mobil Tokotoki Di Shopee sebanyak 607. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dan untuk penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Harga (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 27,406 + 0,446 X1. Nilai koefisien determinasi sebesar 32,0% sedangkan sisanya sebesar 68% dipengaruhi faktor lain. Uji Hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (6,287 > 1,988) dengan signifikan (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, hal ini menujukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Harga dan Keputusan Pembelian Sparepart Mobil Tokotoki05 di Shopee. Kualitas Produk (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = 14,239 + 0,413X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 57,3% sedangkan sisanya sebesar 42,7% dipengaruhi faktor lain.Uji Hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (10,611 > 1,988) dengan signifikan (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kulaitas Produk dan Keputusan Pembelian Sparepart Mobil Tokotoki05 di Shopee. Harga dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y = 13,409 + 0,154X1 + 0,502X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 58,5% sedangkan sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi faktor lain.Uji Hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (58,419 > 3,11) dengan signifikan (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka Ho3 ditolak dan Ha3 diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sparepart Mobil Tokotoki05 di Shopee.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...