Penelitian ini bertujuan untuk menetahui lebih mendalam tentang strategi pelatihan “SMA Double Track” untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa yang berbasis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) yaitu observasi, interview dan penyebaran questioner dengan menggunakan analisis SWOT IFAS dan EFAS. Berdasarkan hasil analisis perhitungan bobot dan rating setiap unsur matrik SWOT dapat diketahui bahwa posisi program pelatihan “SMA Double Track” berada pada kuadran I hal ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Program “SMA Double Track” memiliki Koordinat Internal: Sumbu X = (skor kekuatan-skor kelemahan)/2 = (3.28 – 1.8) :2 = 0.74. Koordinat Eksternal Sumbu Y = (skor peluang – skor ancamam)/2 = (3.66 – 2.27):2 = 0.70. Jadi titik koordinatnya terletak pada (0,74:0,70) sehingga dengan kekuatan yang dimiliki dan dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dimana strategi umum yang dapat dilakukan oleh sekolah SMA adalah menggunakan kekuatan dan peluang sekolah SMA untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Copyrights © 2023